Rabu, 26 September 2012

Sejarah Hotel

Posted by Roi Jetro  |  at  1:07 AM No comments

Hoshi Ryokan, Japan

Setiap aspek kehidupan manusia yang telah mapan, pasti memiliki sejarah nya  sendiri. Tidak terkecuali dengan hotel, ia pun memiliki sejarah nya sendiri. Menurut beberapa literatur, Sejarah Hotel pada awal nya lebih tepat disebut penginapan. Terkait erat dengan dimulainya aktivitas manusia untuk bepergian ke tempat yang jauh dari tempat tinggal nya.Hal ini mengakibatkan para pelancong membutuhkan tempat singgah untuk beristirahat dan mengisi perbekalan perjalanan. Dari sini lah muncul rumah penginapan terutama di tempat-tempat yang banyak di kunjungi orang. Cerita inilah yang menjadi bagian dari Sejarah Hotel yang ada di berbagai Negara. Harus diakui jika keberadaan hotel  memang diperlukan oleh siapapun, terutama yang memang memiliki hobby melancong ke tempat-tempat baru.
Sejarah hotel berubah menjadi sebuah cerita menarik untuk diketahui. Sejarah hotel akan memberikan anda pengalaman baru ketika berkunjung ke hotel-hotel yang ada di dunia. Sejarah hotel sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cerita sejarah tempat-tempat lain yang umumnya menceritakan asal usul sebuah tempat. Hotel yang memang dirasa cukup membantu ini, terlebih bagi mereka yang sangat hobbi melakukan perjalanan. Mengetahui sejarah hotel bisa jadi akan menambah kecintaan terhadap hotel.
Ritual menginap di hotel jika sedang melakukan sebuah perjalanan pun bias terasa menjadi lebih seru. Rencanakan perjalanan menyenangkan ini dengan orang-orang tersayang. Acara menginap di hotel pun akan terasa lebih seru. Hotel yang ada sekarang ini sudah semakin banyak. Meninggalkan berbagai cerita yang seru sekaligus mengesankan. Akan lebih mengesankan jika anda mencoba untuk mengunjungi hotel-hotel bersejarah. Mendengarkan sejarah cerita sembari menelusuri lorong-lorong khas bangunan hotel akan semakin menambah serunya pengalaman menginap anda.

Sejarah Hotel Masa Romawi

Menurut beberapa sumber tertulis, sejarah hotel sudah ada mulai bercerita pada masa romawi. Saat itu telah muncul rumah-rumah penginapan yang disebut Mansions di sepanjang jalan-jalan utama kota yang disewakan untuk para pelancong . Mansiones sendiri berarti Flat. Antara satu mansiones dengan mansiones lainnya biasanya berjarak hingga puluhan kilometer. Cerita mengenai sejarah hotel berlanjut pada masa-masa selanjutnya, ketika bepergian jauh semakin banyak dilakukan orang , khususnya untuk kegiatan dagang, ziarah, maupun aktivitas militer, rumah-rumah penginapan pun semakin banyak didirikan. Di sepanjang jalur-jalur perdagangan dunia dan kota-kota kuno seperti Yerusalem, Baghdad, Makkah, Cordoba, Roma, maupun Konstantinopel, ada banyak penginapan yang didirikan. Negara-negara itu bias jadi merupakan saksi bisu cerita tentang sejarah hotel.  Persinggungan antara barat dan timur dalam perang salib ( dimulai 1096 M ) berperan penting dalam melahirkan kota-kota baru di sepanjang asia kecil, yaitu wilayah Turki yang memanjang ke Syria dan akhirnya Palestina. Peperangan ini secara tidak langsung juga ikut menyumbang cerita pada perjalanan sejarah hotel dunia. Diceritakan dalam sejarah hotel, disepanjang jalur ini, ada banyak penginapan yang diperuntukkan bagi para prajurit dan para peziarah yang ingin berkunjung ke Palestina. Bahkan pada abad pertengahan, kehadiran rumah-rumah penginapan ini dapat dukungan dari otoritas Gereja untuk kepentingan para peziarah. Pada perkembangan selanjutnya, sejarah hotel semakin menyuguhkan cerita  kemajuan hotel, yaitu setelah abad pertengahan, rumah-rumah tidak hanya menyediakan fasilitas penginapan, tetapi juga mulai melengkapinya dengan fasilitas pendukung lainnya, semacam bar, salon, dan kedai makanan. Jumlah kamar pun mulai diperbanyak hingga mencapai puluhan. Inilah yang kemudian  menjadi cikal bakal lahirnya hotel dalam makna sebenarnya, yaitu gedung tempat singgah yang menyediakan fasilitas lengkap. Sejarah hotel dari hotel-hotel yang ada sekarang ini berawal dari sini.

Sejarah Hotel – Lahir nya Hotel-Hotel Modern
Swiss BelInn Batam, Indonesia

Sejarah hotel dimulai pada abad ke-18. di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan hotel-hotel yang menjadi awal lahirnya hotel-hotel modern sekarang ini. Sejarah hotel banyak melahirkan hotel-hotel modern sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Diantaranya adalah hotel Convent Garden yang didirikan pada tahun 1774. selain memiliki fasilitas lengkap untuk jaman nya dan jumlah kamar yang banyak, berdampingan langsung dengan bioskop dekat Westminsfer di London. Ada pula City Hotel di New York dengan kapasitas 170 kamar yang didirikan pada tahun 1794. industri perhotelan berkembang pesat pada abad ke-19. Hotel-hotel modern mulai didirikan di banyak kota besar, semacam London, Paris, New York, Boston, San Fransisco dan lainnya. Sejarah hotel terus berjalan, menyuguhkan cerita-cerita perkembangan hotel yang menarik untuk diikuti. Para pengelola hotel-hotel ini, sekaligus pelaku dari sejarah hotel ini tidak hanya menawarkan paket pelayanan tempat tinggal sementara, tetapi juga mulai menyediakan tempat pertemuan dan konferensi beserta perangkat teknologi terbaru, semacam telephone dan televisi. Bahkan, pada akhir abad ke-19, sejarah hotel memunculkan hotel-hotel dengan label khusus, misalkan hotel untuk business travelers semisal Ellsworth Milton Statler di New York yang didirikan pada tahun 1880. Hotel ini pun merupakan Chain Hotel alias Jaringan Hotel Pertama di Dunia. Tidak berhenti sampai disitu, sejarah hotel juga menawarkan cerita kemewahan dari sebuah penginapan. Hotel mewah pun mulai bermunculan semisal Hotel Waldorf-Astoria ( didirikan pada tahun 1896 ) di New York dan The Brown Palace di Denver, Colorado. Keduanya termasuk hotel dengan tingkat kunjungan tertinggi di Amerika masa itu. Sejarah hotel berlanjut pada abad ke-20, khususnya setelah berakhirnya Perang Dunia I, jumlah hotel semakin meningkat  seiring perkembangan alat-alat transportasi missal dan berkembang nya bisnis travel. Hotel-hotel baru ini banyak didirikan di sekitar pusat-pusat bisnis. Hal lain yang turut mempengaruhi sejarah hotel adalah berkembangnya dunia pariwisata yang kemudian melahirkan hotel-hotel resort yang menawarkan paket penginapan sekaligus akomodasi. Pada masa itu, sejak tahun 1920 an, sekolah-sekolah perhotelan pun mulai bermunculan di banyak tempat. Pada masa berlangsung nya Perang Dunia II, dan masa-masa sesudahnya, bisnis perhotelan berkembang pesat. Akan tetapi, pada masa itu hamper tidak ada hotel baru yang dibangun. Sejarah hotel meyuguhkan cerita yang lain. Para pengelola lebih memilih untuk mengembangkan hotel yang ada, baik dari segi fasilitas, kualitas layanan, dan manajement, termasuk berpindahnya kepemilikan hotel dari pribadi ke dalam sebuah korperasi. Dalam perkembangan sejarah hotel selanjutnya, industri hotel-hotel besar di Amerika mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan menggunakan system Franchise. Lahirlah jaringan hotel-hotel besar di bawah sebuah korporasi besar, semisal : Hilton, Hyatt, JW Marriots, dan sebagainya.

Sejarah Hotel – Lokasi Didirikannya Hotel

Apeiron Hotel, Dubai
Hal penting lainnya dari sejarah hotel dunia dan perkembangannya adalah lokasi didirikannya hotel tersebut. Selama masa colonial, hotel-hotel biasanya di bangun di kota-kota pelabuhan. Akan tetapi, pada akhir abad ke-18, seiring meningkatnya penggunaan gerbong kereta api, ada banyak rumah penginapan dan kedai-kedai yang didirikan di dekat stasiun kereta api. Kondisi ini kembali berubah. Sejarah hotel pun ikut berubah. Ketika mobil dan pesawat terbang telah menjadi alat transportasi massa seperti sekarang ini, lokasi hotel pun tidak selalu dekat pelabuhan laut atau stasiun kereta api, tetapi di tempat-tempat lain yang mudah dijangkau alat transportasi, khususnya di pinggiran jalan-jalan raya utama. Sejarah hotel nyatanya terus berkembang mengikuti jalan bergulir dengan waktu dan kebutuhan.


About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top